a l t e r e g o s e n s i t i f





Kaset yang pertama kali saya beli dengan uang sendiri adalah album band Wayang, yang nge-hit lewat single “Ooooh.. Damainya hatiku, kala mentari bersinar lagi..” dengan harga tujuh ribu rupiah. Waktu itu masih kelas tiga SD, dan itu adalah hasil menabung selama tiga minggu.

Rasanya menyenangkan sekali ketika mendengarkan lagu dari kaset, sambil membolak-balik Sleeve-nya, membaca lirik, mencoba memahami Artwork dan berulang kali memencet rewind button untuk lagu-lagu tertentu. Atau jika capek memencet, kita akan mengambil pena dan memasukkan ujungnya ke salah satu lubang kaset untuk memutar ulang lagu yang disukai. Dan di setiap lipatan sleeve, beberapa di antara kita akan merekatkan selotip agar kertas sleeve agar tidak mudah robek.

Ada rasa kangen dengan euphoria-euphoria semacam memamerkan kaset yang baru kita beli ke teman dekat. Lalu kemudian dipinjam dan nggak dibalik-balikin. Atau, dibalikin, tapi ada bagian dari pita kaset yang sudah bundet. Atau lagi, lama nggak dibalikin, eh tahu-tahu udah dijual sama yang pinjam. Acapkali, kita juga mendapat bonus dari beli kaset original. Slank yang paling rajin, mulai dari ngasih tattoo sticker temporer, bahkan celana dalam. Tiap album beda-beda.

Musik masih eksklusif dan toko kaset belum banyak gulung tikar. Musisi dan pendengar sama-sama senang. Tidak ada yang dirugikan.

Dan setelah hampir sepuluh tahun kaset seolah-olah tenggelam. Akhir-akhir ini saya menemukan band, beberapa, baik lokal maupun manca mulai memproduksi album mereka dalam bentuk kaset. Sebutlah The S.I.G.I.T, Throughout, Rancid.

Ya, akan datang masa di mana orang-orang bosan dengan Mp3, Free Digital Download (Baca : unduh gratis), atau Copy-Paste di warnet dan kembali lagi mendengarkan musik dari sesuatu yang berbentuk. Kapan itu? Sebentar lagi. Sebentar lagi!

So, the question is.. Album band/musisi apa yang terakhir kali teman-teman beli?

Categories:

One Response so far.

  1. komarudin says:

    yang terakhir beli itu Greatest Hits (Red Hot Chili Peppers) sepuluh tahun yang lalu :D

Leave a Reply